Gelar “Virtual Spring Camp”, FBS Undiksha dan Ohkagakuen University Perkuat Pemahaman Budaya

Safari Literasi DBI Kunjungi Universitas Pendidikan Ganesha Bali
Februari 10, 2022
Pelepasan Mahasiswa Oleh Dekan FBS, Undiksha
Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha Resmi Melepas Dua Mahasiswa ke Jepang
Maret 24, 2022

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus perkuat kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam rangka meningkatkan daya saing. Hal tersebut digayung bersambut oleh fakultas, salah satunya Fakultas Bahasa dan Seni. Penguatan kerjasama bidang bahasa dan budaya dilakukan bersama Ohkagakuen University, Jepang. Kerjasama ini dikemas dalam kegiatan Virtual Spring Camp, Senin (14/3/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FBS Undiksha, Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd. Ia menyampaikan sebagai fakultas yang bergerak dalam bidang bahasa dan budaya, peningkatan wawasan, baik bagi dosen maupun mahasiswa sangat diperlukan, terlebih di era global. Hal tersebut sekaligus penting untuk meningkatkan daya saing. “Oleh karena itu, saya berharap kerjasama dengan Ohkagakuen University ini dapat menjadi ajang bertukar informasi terkait bahasa dan memberikan pemahaman lintas budaya untuk saling mengenal dan mendekatkan hubungan,” ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, keterlibatan masalah kebudayaan dalam hubungan internasional, tidak hanya sebatas pertunjukan kesenian, melainkan lebih dari itu. Seperti halnya dalam berinteraksi dengan warga negara lain, memerlukan pemahaman kebudayaan, termasuk bahasa di dalamnya sehingga proses persahabatan atau kerjasama dapat berjalan dengan baik. “Tentu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Melalui ini mahasiswa bisa belajar kebudayaan masyarakat luar negeri,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Dekan asal Ubud, Kabupaten Gianyar ini juga memperkenalkan budaya ‘salam’ dan memperkenalkan program studi yang ada di FBS Undiksha. Dekan School of Liberal Arts Ohkagakuen University, Prof. Eunjin Do, juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan diharapkan dapat terus berlanjut.

Kegiatan ini dilaksanakan dari 14 sampai 17 Maret 2022 yang dirancang dengan aktivitas pembelajaran yang atraktif untuk memberikan kesempatan kepada peserta program berlatih berbahasa dan saling mengenal budaya masing-masing. Mahasiswa yang ikut serta sebanyak 104 orang, terdiri atas 56 dari Undiksha dan 48 mahasiswa dari Ohkagakuen University.

Kerjasama antara Undiksha dengan Ohkagakuen University bukan menjadi halyang baru. Tetapi sudah dimulai dari tahun 2018. Terdapat sejumlah program yang dilaksanakan, seperti student mobility, cultural exchange activities. Dalam perkembangannya, program tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, tetapi diperluas ke prodi lain.