Jurusan Bahasa Asing Gelar Workshop – Undang Mantan Pramugari Qatar Airways Sebagai Narasumber
November 20, 2022Tingkatkan Mutu Akademik – Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa UNS Jajagi FBS Undiksha
Desember 13, 2022Singaraja, FBS – Terjalinnya hubungan kerjasama yang baik antara Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha dan Lpk Hishou Universal Style, membuat FBS kembali dijajagi oleh pihak LPK Hishou untuk kembali melakukan penawaran program internship bagi mahasiswa, pada hari Kamis (01/12/2022). Seperti yang telah diketahui Lpk Hishou Universal Style merupakan Lpk yang paling banyak mengirim tenaga magang ke Jepang. Kunjungan ini berlangsung di ruang Nitisastra FBS, yang mana dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni, Korprodi Pendidikan Bahasa Jepang, serta Mrs. Oyagi yang merupakan Direktur dari JFS Kyoudou Kumiai.
Kunjungan ini merupakan kunjungan kedua dari Lpk Hishou. Diharapakan kerjasama magang mahasiswa dengan pihak Lpk Hishou ini dapat terus berjalan dengan baik serta mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa pada bidang yang ditekuni khususnya dalam bahasa dan budaya Jepang, serta bertambahnya pengalaman belajar mahasiswa di luar kampus. Lpk Hishou Universal Style tertarik untuk kembali mengadakan kerjasama dengan FBS, karena para lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di FBS Undiksha, yang sebelumnya pernah magang di Lpk Hishou dipandang mampu dan kompeten dalam bidang pekerjaan yang diberikan.
I Wayan Sadyana, yang merupakan Koorprodi Pendidikan Bahasa Jepang mengaku dengan adanya kerjasama program internship dengan pihak LPK Hishou ini diharapkan mampu melakukan terobosan-terobosan baru dalam program internship di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Kegiatan ini pula memiliki keuntungan, yaitu kesempatan mahasiswa untuk mendapat pekerjaan setelah mereka lulus, meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan bisa membangun networking yang baik dengan pihak Jepang, dan juga mampu menjembatani proses internasionalisasi Undiksha. Program ini pula sangat berkaitan dengan kurikulum MBKM, karena merupakan salah satu upaya untuk menterjemahkan kurikulum MBKM itu sendiri, pungkas Sadnyana. (fbs)