Gagas Inovasi Baru, Tim Laboratorium FBS Luncurkan Program “Research & Innovation Project Assistants” Virtual Lab and Digital Learning (VLDL)

RAIH GELAR GURU BESAR- DUA PROFESOR FBS MELAKSANAKAN SYUKURAN 
Mei 30, 2022
Penjajagan Lpk Hishou Universal Style ke FBS, Beri Peluang Alumni Bekerja di Jepang 
Juni 13, 2022

Singaraja, FBS – Tantangan pengelolaan lembaga semakin hari semakin berat. Tim kementerian Kemendikbudristek RI semakin cerdas dalam mengelola indikator keberhasilan yang harus dicapai oleh setiap lembaga. Untuk menghadapi kemajuan teknologi pada abad-21 ini, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. I Made Sutama, M.Pd. melaksanakan acara penerimaan dan pengarahan Asisten Virtual Lab and Digital Learning (VLDL), Jumat (3/06/2022) di ruang rapat Gayotra, FBS. Acara ini dihadiri oleh Kepala Laboratorium FBS beserta tim, staf laboratorium, dan para mahasiswa yang telah terpilih sebagai asisten.  

Kepala Laboratorium FBS, Undiksha, Made Hery Santosa, S.Pd, M.Pd., Ph.D. merupakan penggagas program ini. Made Hery Santosa beserta tim VLDL FBS, secara khusus meluncurkan pelantar ini untuk merancang, mengelola, menata laboratorium, ruang, serta studio fisik dan virtual untuk menunjang pelaksanaan kegiatan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat dalam bidang ilmu Bahasa dan Seni.

“Lembaga harus mampu menambah pengembangan unit dan tim pembelajaran inovatif, kreatif dan daring” pungkas I Made Sutama dalam pengarahannya. Pada mekanisme program ini diseleksi sejumlah mahasiswa terdaftar resmi yang berasal dari FBS, Undiksha sebagai Asisten VLDL. Dari pelaksanaan seleksi oleh tim laboratorium FBS telah terpilih sebanyak 14 (empat belas) orang yang akan membantu tim dalam menjalankan program ini. Selain mendapat pengalaman baru, para asisten atau mahasiswa ini nantinya akan diberikan penghargaan dalam bentuk sertifikat. Dengan adanya bekal softskill seperti ini, nantinya akan membantu mahasiswa dalam mencari pekerjaan pada era digital seperti saat ini.

Dalam pengarahan Kepala Laboratorium FBS, para asisten yang telah terpilih diminta agar selalu bersemangat, berkomitmen, dan saling mendukung program ini, karena sukses tidaknya project ini juga tergantung dari peran asisten. Made Hery Santosa juga memaparkan tugas dari masing-masing asisten yang secara khusus dibagi menjadi 5 (unit), yaitu: (1) Research Assistants, (2) Innovation Resources Assistants, (3) Educational Resources Assistants, (4) Podcast Creator, dan (5) Newsletter Creator). Dari masing-masing unit diharapkan mampu bekerja dengan baik dan serius, dimana para asisten diwajibkan untuk beraktivitas di Laboratorium selama minimal 3 hari dalam seminggu pada hari Selasa, Rabu, dan Jumat minimal selama 3 jam sehari dari pukul 09.00 – 12.00 Wita.

Program ini akan dilaksanakan selama 3 bulan lamanya dengan menyesuaikan perkembangan minat dan kompetensi calon asisten yang dipandang layak membantu kinerja VLDL. Dan jika memungkinkan, magang asisten VLDL ini akan dirangkum dalam buku Praktik Baik ber-ISBN. Semoga program ini bisa membantu lembaga yang terbaik ke depannya. (fbs)