Undiksha Siapkan Kuota Tigaribu Mahasiswa Baru

Singaraja- Buleleng merupakan salah satu kabupaten yang berada di Bali Utara. Dari Denpasar, jarak tempuhnya sekitar 2,5 jam. Kabupaten yang pernah menjadi ibu kota Soenda Kecil ini memiliki bentang alam yang indah. Di kawasan pegunungan terdapat banyak wisata alam. Ada agrowisata, air terjun dan wisata atraksi lainnya. Wisata pantai juga tidak kalah. Ada Pantai Lovina yang terkenal dengan atraksi lumba-lumba. Alam bawah lautnya sangat mempesona. Kekayaan alam ini juga ada di kawasan Desa Pemuteran dan Pulau Menjangan Kecamatan Gerokgak dan Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula yang sudah menjadi kawasan destinasi internasional.

Selain keindahan alam, suasana kotanya juga terbilang nyaman. Tidak ada kemacetan. Di sekitarnya juga terdapat sejumlah bangunan bersejarah yang kental dengan budaya. Biaya hidup di kota kecil ini juga masih tergolong murah. Sama halnya dengan sewa tempat tinggal sementara. Sangat cocok untuk kalangan pelajar.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menjadi salah satu perguruan tinggi di kabupaten ini. Lokasinya berada di pusat kota. Memiliki delapan fakultas, tahun akademik 2020/2021, universitas negeri ini telah mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru. Pendaftaran yang masih dibuka melalui jalur SBMPTN yang diawali dengan registrasi akun LTMPT dari 7 Februari – 5 April 2020, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dari 30 Maret – 11 April 2020, pelaksanaan UTBK dari 20-26 April 2020 dan pengumuman hasilnya dijadwalkan 12 Mei 2020. Sementara itu untuk pendaftaran SBMPTN berlangsung pada 2-13 Juni 2020 dan pengumuman hasil seleksi 30 Juni 2020. Kuota jalur ini sebanyak 40 persen dari kuota keseluruhan.

Selain itu, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) juga menerima mahasiswa melalui Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri (SMBJM), melalui laman https://penerimaan.undiksha.ac.id. Jalur ini terdiri dari minat dan bakat khusus untuk program D-3 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 3 Februari sampai 9 April 2019. Ada pula melalui Computer Based Test (CBT) untuk jalur S-1 dan D-3. Pendaftarannya berlangsung 16 Juni sampai 17 Juli 2020. Jalur ini memiliki kuota 30 persen secara keseluruhan.

Sebagai perguruan tinggi yang berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, Undiksha menawarkan biaya pendidikan yang merakyat. Selain itu juga mendapatkan alokasi berbagai jenis beasiswa, seperti KIP Kuliah, beasiswa perbankan, PPA, dan beasiswa pemerintah kabupaten. Selain itu, pada tahun 2020, fast track program yang bekerjasama dengan Ming Chi University of Technology (MCUT), Taiwan. Program tersebut sebagai upaya percepatan mahasiswa Undiksha untuk memperoleh gelar sarjana (bachelor degree) dan magister (master degree). Implementasi program ini adalah 3 tahun mahasiswa akan mengikuti perkuliahan di Undiksha dan 2 tahun akan melakukan research (skripsi) dan kuliah master degree-nya di MCUT. (hms)

Berikut informasi kuota penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2021

Klik ini…….. untuk melihat rincian target mahasiswa baru Undiksha.