OKK Fakultas Bahasa dan Seni

Forum FBS Indonesia
Agustus 1, 2017
FBS Undiksha Melapas 167 Calon Wisudawan
Agustus 24, 2017
Forum FBS Indonesia
Agustus 1, 2017
FBS Undiksha Melapas 167 Calon Wisudawan
Agustus 24, 2017

Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) mahasiswa baru FBS secara resmi dibuka oleh Dekan Prof Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A di halaman kampus bawah yang diikuti sebanyak 455 mahasiswa baru dari 7 jurusan yang ada di lingkungan FBS. Dalam sambutannya Dekan FBS yang sering disapa bu titik ini berpesan kepada mahasiswa baru untuk mengetahui dan mentaati peraturan kampus. Kampus adalah tempat menuntut ilmu bukan tempat untuk menginap atau kost, seriuslah belajar,  disiplin dengan waktu, jangan sampai ngakunya kuliah tapi sebenarnya hanya keluyuran,  kasian orang tua di rumah karena biaya UKT sangat tinggi belum lagi biaya hidup, untuk itu jangan kecewakan orang tua di rumah, begitulah pesan dari orang nomor 1 di FBS Undiksha.  Menjadi bagian dari FBS harus bisa membangun karakter positif, pengembangan kemampuan di bidang bahasa dan seni yang di kombinasikan dengan bidang lain seperti dibidang teknologi akan menghasilkan bibit-bibit yang unggul, sehingga terbentuk karakter yang dapat bersaing di dunia kerja. Disamping memberikan pengenalan tentang lingkungan kampus, beliau juga memperkenalkan para pimpinan Dekanat, para Ketua jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium, para pembimbing kemahasiswaan dan para pegawai.

PROFILE PIMPINANA

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha

PimpinanaAksi
Dekan Lihat
Wakil Dekan I Lihat
Wakil Dekan II Lihat
Wakil Dekan III Lihat

Layanan Kepuasan Masyarakat

Layanan Kepuasan Masyarakat

Layanan Perpustakaan

Layanan Urusan Internasional

Layanan Hibah P2M

Layanan Kerja Sama

Layanan Legalisasi

LHKPN PIMPINAN

FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

LHKPN Pimpinan Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha
Dekan Fakultas Bahasa dan SeniLihat
Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan SeniLihat
Wakil Dekan II Fakultas Bahasa dan SeniLihat
Wakil Dekan III Fakultas Bahasa dan SeniLihat

Fakultas Bahasa dan Seni

Undiksha

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) adalah salah satu fakultas di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) ini dirancang untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang akademik dan vokasi, baik dalam bidang kependidikan maupun non-kependidikan, yang berwawasan global, berbasis kearifan lokal yang humanis, berbudaya, dan peduli lingkungan. Fakultas Bahasa Memiliki 7 Prodi diantaranya.

src="https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d3837.4384927544916!2d115.08539828458788!3d-8.113309321382568!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2dd19a0cfad8adb9%3A0xd671ad4e09703b06!2sKampus%20Bawah%20Undiksha!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1648099572787!5m2!1sid!2sid" width="1920" height="600" style="border:0;" allowfullscreen="" loading="lazy">

UNDIKSHA

 

VISI

Menjadi Universitas Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Pada Tahun 2045

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif.

FAKULTAS BAHASA DAN SENI

 

VISI

Fakultas Yang Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana Dalam Pengembangan SDM Pada Bidang Bahasa dan Seni di Asia Pada Tahun 2045

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang melahirkan SDM yang kolaboratif, kompetitif, dan berkarakter dalam bidang bahasa dan seni.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif untuk pengembangan dan penerapan IPTEKS dalam bidang bahasa dan seni.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat  yang akomodatif, kompetitif, kolaboratif, dan inovatif dalam bidang bahasa dan seni.

Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) mahasiswa baru FBS secara resmi dibuka oleh Dekan Prof Dr. Putu Kerti Nitiasih, M.A di halaman kampus bawah yang diikuti sebanyak 455 mahasiswa baru dari 7 jurusan yang ada di lingkungan FBS. Dalam sambutannya Dekan FBS yang sering disapa bu titik ini berpesan kepada mahasiswa baru untuk mengetahui dan mentaati peraturan kampus. Kampus adalah tempat menuntut ilmu bukan tempat untuk menginap atau kost, seriuslah belajar,  disiplin dengan waktu, jangan sampai ngakunya kuliah tapi sebenarnya hanya keluyuran,  kasian orang tua di rumah karena biaya UKT sangat tinggi belum lagi biaya hidup, untuk itu jangan kecewakan orang tua di rumah, begitulah pesan dari orang nomor 1 di FBS Undiksha.  Menjadi bagian dari FBS harus bisa membangun karakter positif, pengembangan kemampuan di bidang bahasa dan seni yang di kombinasikan dengan bidang lain seperti dibidang teknologi akan menghasilkan bibit-bibit yang unggul, sehingga terbentuk karakter yang dapat bersaing di dunia kerja. Disamping memberikan pengenalan tentang lingkungan kampus, beliau juga memperkenalkan para pimpinan Dekanat, para Ketua jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium, para pembimbing kemahasiswaan dan para pegawai.

Sebagai salah satu unit pelaksana akademik di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), sejarah perkembangan FBS tidak terlepas dari sejarah UNDIKSHA. Fakultas Bahasa dan Seni merupakan bagian dari Universitas Pendidikan Ganesha dan diawali pada tahun 1955 dengan Kursus B1 Bahasa Indonesia untuk mempersiapkan Guru Sekolah Menengah Atas. Secara lebih rinci dapat dilihat dalam narasi berikut`

Eksistensi  Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), yang berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor  11 Tahun 2006, tanggal 11 Mei 2006 sangat terkait dengan sejarah pendidikan guru di Indonesia.  Pada tahun 1950-an, di Indonesia didirikan kursus B-1 (baca: B-satu) dan B-2 (baca : B-dua) yang bertugas mendidik calon guru SMTA. Untuk di Singaraja, pendirian lembaga kependidikan itu dengan berdirinya kursus B-1 Bahasa Indonesia 1955 yang kemudian ditambah dengan kursus B-1 Perniagaan pada tahun 1957.

Selain lembaga pendidikan guru berupa kursus B-1 dan B-2, Pemerintah juga mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di 4 kota, yaitu Bandung, Malang, Batusangkar dan Tondano pada 1954. Pada tahun  1958 PTPG diubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan menjadi bagian suatu Universitas.  Menghindari  adanya dualisme lembaga yang menangani masalah pendidikan guru, sejak 1 Januari  1960 semua kursus B-1 dan B-2 di Indonesia diintegrasikan ke dalam FKIP pada universitas terdekat.

Seirama dengan kebijaksanaan yang diambil pemerintah, sejak  tanggal 1 Januari 1962, kursus B-1 Bahasa Indonesia dan Perniagaan Singaraja dijadikan FKIP cabang Universitas Airlangga Surabaya.  Kebijakan tersebut tidak berlangsung lama karena sejak dibuka Universitas Udayana Denpasar pada tanggal  9 Agustus  1962 FKIP cabang Universitas Airlangga di lepas dari Universitas Airlangga dan selanjutnya diintegrasikan ke Universitas Udayana menjadi FKIP Universitas Udayana.

Keberadaan FKIP sebagai lembaga yang menangani masalah pendidikan guru mendapat tandingan dari kelompok orang yang mendirikan lembaga pendidikan guru dengan Institut Pendidikan Guru (IPG).   Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Presiden Soekarno mengambil kebijakan dengan jalan mengintegrasikan FKIP dan IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 1963.  berpijak dari SK Presiden Nomor 1 tahun 1963, tahun itu juga FKIP Universitas Udayana dilepas dan diintegrasikan pada IKIP Malang, menjadi IKIP Malang cabang Singaraja.

IKIP Malang cabang Singaraja ternyata hanya bertahan sekitar 5 tahun karena tahun 1968 IKIP Malang cabang Singaraja  kembali diintegrasikan ke Universitas Udayana menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Langkah ini diambil karena  kebijakan pemerintah untuk mengintegrasikan kembali  semua IKIP cabang di Indonesia ke universitas atau institut negeri terdekat, yang tertuang pada SK DIRJEN Perguruan Tinggi No : 161 tahun 1967.

Berdasarkan kebijaksanaan baru pemerintah dalam penataan kembali universitas dan institut negeri Indonesia yang tertuang pada PP Nomor : 5 tahun 1980, PP Nomor : 27 tahun 1981, dan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0174/0/1983, berdasarkan Keppres RI Nomor 62 tahun 1982 pada tanggal 12 Pebruari 1983, Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Udayana dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas Udayana.  Saat itu, FKIP Universitas Udayana memiliki empat jurusan yaitu:

  • Jurusan Pendididkan, membawahkan
  • Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
  • Program Studi Pendidikan Luar Sekolah;
  • Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni membawahkan
  • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris;
  • Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, membawahkan
  • Program Studi Pendidikan Koperasi,
  • Program Studi Pendidikan Moral Pancasila,
  • Program Studi Sejarah,
  • Program Studi Pendidikan Geografi,
  • Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam membawahkan
  • Program Studi Pendidikan Matematika,
  • Program Studi Pendidikan Kimia,
  • Program Studi Pendidikan Fisika,
  • Program Studi Pendidikan Biologi;

Sejalan dengan kebijakan pemerintah saat itu, sejak tahun akademik 1987/1988 Program Studi  Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah tidak menerima mahasiswa baru.

Mulai tahun akademik 1988/1989, FKIP mendapat kepercayaan mengelola Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, yang kemudian berubah nama menjadi Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) yang dimasukkan dalam naungan Jurusan Pendidikan MIPA, dan Program Studi Pendidikan Seni Rupa di bawah naungan jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni.  Selanjutnya mulai tahun akademik 1990/1991, FKIP juga mendapatkan kepercayaan untuk mengelola program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Program Diploma Dua Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di bawah koordinasi Jurusan Ilmu Pendidikan.

Surat Keputusan Presiden nomor 8 tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, secara resmi menyatakan perubahan FKIP Universitas Udayana menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singaraja.  STKIP Singaraja terdiri atas empat jurusan, yaitu:

  • Jurusan Ilmu Pendidikan membawahkan:
    • Program Studi Bimbingan dan Konseling
    • Program Studi Teknologi Pendidikan
    • Program Studi PKK
    • Program PGSD (D II),
    • Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni membawahkan:
    • Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah,
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,
    • Program Studi Pendidikan Seni Rupa;
  • Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial membawahkan:
    • Program Studi Pendidikan Ekonomi,
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Moral Pancasila,
    • Program Studi Pendidikan Sejarah,
    • Program Studi Pendidikan Geografi;
  • Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam membawahkan:
    • Program Studi Pendidikan Matematika,
    • Program Studi Pendidikan Kimia,
    • Program Studi Pendidikan Fisika,
    • Program Studi Pendidikan Biologi;

Kebijakan Pemerintah untuk memberika perluasan mandat memotivasi STKIP Singaraja untuk mempersiapkan diri mengemban Program Non Pendidikan.  Mulai tahun 1997 sudah dirintis pembukaan Diploma –III bidang Non Kependidikan untuk tiga bidang studi, yaitu Manajemen Informatika, Akuntansi, dan Bahasa Inggris untuk Pariwisata. Setelah melalui proses pembahasan yang cukup panjang, berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor : 347/DIKTI/KEP/1999, tanggal 15 Juli 1999,  ditetapkan bahwa mulai tahun akademik 1999/2000 STKIP Singaraja D II diijinkan untuk mengelola Program Studi Diploma III 1999/2000 STKIP Singaraja D-2 diijinkan untuk mengelola Program D-3 Manajemen Informatika dan D-3 Akuntansi, kemudian dengan SK Dirjen DIKTI Nomor: 216/DIKTI/KEP/2000 tanggal 5 Juli 2000 ditetapkan Program Studi D-3 Bahasa Inggris.

Kemudian, dengan SK Dirjen DIKTI nomor: 16/DIKTI/KEP/2000 tanggal 7 Pebruari 2000, telah pula disetujui pembukaan Program Pascasarjana untuk Program Studi Pendidikan Bahasa, dan dengan  SK Dirjen DIKTI Nomor: 12/DIKTI/KEP/2001,  tnaggal 18 Januari 2001,  telah disetujui pembukaan Program Studi Metoda Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S-2).

Melalui perjuangan yang cukup berat untuk melaksanakan rencana perluasan mandat dan melalui studi kelayakan tentang usulan perubahan Institusi dari STKIP menjadi Universitas, akhirnya, berdasarkan Keputusan Presiden nomor : 19 tahun 2001 tanggal 5 Pebruari 2001 STKIP Singaraja disetujui berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Negeri Singaraja).

Lebih lanjut untuk mempersiapkan diri, dalam rangka pengembangan IKIP Negeri Singaraja dengan Surat Dirjen DIKTI   nomo : 2808/D/T/2001, tanggal 30 Agustus 2001telah disetujui usulan pembukaan Program Studi Ilmu Keolahragaan (S-1), Jurusan Boga Perhotelan (D-3), Jurusan Manajemen Perhotelan (D-3), Program Studi Pelatihan Olahraga Pariwisata (D-3).  Kemudian dengan Surat Dirjen DIKTI Nomor: 138/D/T/2002 tanggal 25 Januari 2002, telah disetujui juga usulan pembukaan Jurusan Teknik  Elektro (D-3) dan Jurusan Analis Kimia (D-3). Dalam rangka pengembangan Program Studi Penjaskesrek untuk mempersipkan diri menjadi sebuah fakultas, berdasarkan keputusan rapat Senat, Program Studi Penjaskesrek disetujui menjadi Jurusan Ilmu Keolahragaan yang setingkat fakultas.  Dengan demikian, pada tahun akademik 2002/2003, IKIP Negeri Singaraja, sesuai dengan struktur organisasi, mengelola lima fakultas dan Program Pasca Sarjana dengan keberadaan jurusan/program studi sebagai berikut:

  • Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA):
    • Jurusan Pendidikan Matematika (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Fisika (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Kimia (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Biologi (S-1)
    • Jurusan Analis Kimia (D-3)
  • Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS):
    • Jurusan Pendidikan Ekonomi (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Sejarah (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Geografi (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S-1)
    • Jurusan Akuntansi (D-3)
    • Jurusan Manajemen Perhotelan (D-3)
  • Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS):
    • Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Seni Rupa (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (D-3)
  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP):
    • Jurusan Bimbingan dan Konseling (S-1)
    • Jurusan Teknologi Pendidikan (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Dasar
  • Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) :
    • Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S-1)
    • Jurusan Manajemen Informatika (D-3)
    • Jurusan Teknik Elektro (D-3)
    • Jurusan Boga Perhotelan (D-3)
  • Jurusan Ilmu Keolahragaan  (JIK):
    • Program Studi Penjaskesrek (S-1)
    • Program Studi Ilmu Keolahragaan (S-1)
    • Program Studi Pelatihan olah Raga Pariwisata (D-3)
  • Program Pasca Sarjana:
  • Program Studi Pendidikan Bahasa (S-2)
  • Program Studi Metoda Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S-2)
  • Program Studi Manajemen Pendidikan (S-2)

Sejalan dengan kebijakan pemerintah, dalam perkembangan selanjutnya Jurusan Ilmu Keolahragaan (JIK), melalui Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional nomor : 271/O/T/2004 dikabulkan usul perubahan Jurusan Ilmu Keolahragaan (JIK) menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan (FPIK).

Selanjutnya Rektor IKIP Negeri Singaraja  membuat Surat Keputusan Nomor : 397/K16/PP/2004, tanggal 7 Juli 2004 yang memutuskan peningkatan status Jurusan Ilmu Keolahragaan (JIK) menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan (FPIK), sehingga Fakultas Pendidikan  Ilmu Keolahragaan membawahkan:

  • Penjaskesrek (S-1)
  • Jurusan Ilmu Keolahragaan (S-1)
  • Jurusan Pelatihan Olahraga Pariwisata (D-3)

Berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor : 2962/D/T/2005 tanggal 29 Agustus 2005, tentang ijin penyelenggaraan Program Studi D-2 PGTK, SK Ditjen Dikti Depdiknas Nomor: 12/D/T/2006 menyetujui pembukaan Jurusan Pendidikan Bahasa Bali (D-3) dan  Pendidikan Bahasa Jepang (D-3), Surat Keputusan Ditjen Dikti Nomor : 3331/D/T/2006 mengijinkan menyelenggarakan Program Studi PGSD (S-1), dan Penpres Nomor : 11/2006 mengubah status IKIP Negeri Singaraja menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).  Dengan demikian,Tahun Akademik 2006/2007 Universitas Pendidikan Ganesha mengelola enam fakultas dan satu program pasca sarjana dengan rincian sebagai berikut:

  • Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA):
    • Jurusan Pendidikan Matematika (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Fisika (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Kimia (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Biologi (S-1)
    • Jurusan Analis Kimia (D-3)
  • Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS):
    • Jurusan Pendidikan Ekonomi (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Sejarah (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Geografi (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S-1)
    • Jurusan Akuntansi (D-3)
    • Jurusan Manajemen Perhotelan (D-3)
  • Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS):
    • Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Seni Rupa (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (D-3)
    • Jurusan Bahasa Bali (D-3)
    • Jurusan Bahasa Jepang (D-3)
  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP):
    • Jurusan Bimbingan dan Konseling (S-1)
    • Jurusan Teknologi Pendidikan (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Dasar (Program Studi D-2 PGSD dan S1 PGSD
  • Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) membawahkan:
    • Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S-1)
    • Jurusan Manajemen Informatika (D-3)
    • Jurusan Teknik Elektro (D-3)
    • Jurusan Boga Perhotelan (D-3)
  • Jurusan Ilmu Keolahragaan  (JIK) membawahkan:
    • Program Studi Penjaskesrek (S-1)
    • Program Studi Ilmu Keolahragaan (S-1)
    • Program Studi Pelatihan Olah Raga Pariwisata (D-3)
  • Program Pasca Sarjana membawahkan:
    • Program Studi Pendidikan Bahasa (S-2)
    • Program Studi Metoda Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S-2)
    • Program Studi Manajemen Pendidikan (S-2)

Berdasarkan Peraturan Mendiknas Nomor : 29 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja UNDIKSHA, SK Dirjen Dikti Nomor : 2090/D/T/2007  tanggal 2 Agustus 2007 tentang Ijin Penyelenggaraan Jurusan Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer (PTIK), SK Dirjen Dikti Nomor : 2456/D/T/2007 tanggal 22 Agustus 2007 tentang Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dasar (D-2), serta SK Dirjen Dikti Nomor : 972/D/T/2008 tanggal 8 April 2008 tentang Penyelenggaraan Jurusan Budidaya Kelautan (D-3). Dalam Tahun Akademik 2009/2010keluar ijin penyelenggaraan Program Studi Akuntansi S-1 dan Manajemen S-1 (Progam Non Kependidikan) dan juga Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga S-1 yang dikelola dalam program Kependidikan. Sedangkan di program pascasarjana, keluar ijin penyelenggaraan Program Studi Matematika S-2dan Teknologi Pembelajaran S-2. Pada Tahun Akademik 2010/2011  keluar juga ijin penyelenggaraan Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika S-1 (Program Kependidkan) dan merupakan jurusan termuda yang ada di UNDIKSHA saat ini. Dengan demikian, fakultas, jurusan dan program studi yang ada di lingkungan UNDIKSHA sejak Tahun Akademik 2010/2011 adalah sebagai berikut:

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA):
  • Jurusan Pendidikan Matematika (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Fisika (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Kimia (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Biologi (S-1)
  • Jurusan Analis Kimia (D-3)
  • Jurusan Budidaya Kelautan (D-3)
    • Fakultas Ilmu Sosial (FIS):
    • Jurusan Pendidikan Ekonomi (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Sejarah (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Geografi (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S-1)
    • Jurusan Akuntansi (D-3)
    • Jurusan Manajemen Perhotelan (D-3)
    • Jurusan Manajemen (S-1)
    • Jurusan Akuntansi (S-1)
    • Fakultas Bahasa dan Seni (FBS):
  • Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Seni Rupa (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (D-3)
  • Jurusan Bahasa Bali (D-3)
  • Jurusan Bahasa Jepang (D-3)
    • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP):
    • Jurusan Bimbingan dan Konseling (S-1)
    • Jurusan Teknologi Pendidikan (S-1)
    • Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar  (PGSD S-1)
    • Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD S-1)
    • Fakultas Teknologi dan Kejuruan (FTK):
  • Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S-1)
  • Jurusan Manajemen Informatika (D-3)
  • Jurusan Teknik Elektro (D-3)
  • Jurusan Boga Perhotelan (D-3)
  • Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (S-1)
  • Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika (S-1)
    • Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK):
    • Jurusan Penjaskesrek (S-1)
    • Jurusan Ilmu Keolahragaan (S-1)
    • Jurusan Pelatihan Olah Raga Pariwisata (D-3)
    • Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (D-3)
    • Program Pascasarjana:
    • Program Studi Pendidikan Bahasa (S-2)
    • Program Studi Metoda Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S-2)
    • Program Studi Manajemen Pendidikan (S-2)
    • Program Studi Pendidikan Dasar (S-2)
    • Program Studi Pendidikan Sains (S-2)
    • Program Studi Pendidikan Matematika (S-2)
    • Program Studi Teknologi Pembelajaran (S-2)

Pada awal pelaksanaan Renstra UNDIKSHA 2010-2014, atau tahun ajaran 2010/2011 UNDIKSHA menyelenggarakan 41 (empat puluh satu) jurusan/program studi yang terdiri dari 7 (tujuh) program studi S-2, 22 (dua puluh dua) jurusan/program studi S-1, dan 12 (dua belas) jurusan/program studi D-3. Setelah hampir 5 (lima) tahun yaitu tahun ajaran 2014/2015, UNDIKSHA menyelenggarakan 54 program studi/jurusan yang terdiri dari 3 (tiga) program studi S-3 yaitu  Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Pendidikan Dasar, 10 (sepuluh) program studi S-2 yaitu Pendidikan Dasar, Administrasi Pendidikan, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA, Pendidikan Matematika, Teknologi Pembelajaran, Ilmu Komputer, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 26 (dua puluh enam) program studi/jurusan S-1 dengan tambahan dari periode sebelumnya yaitu program studi S-1 Pendidikan Sosiologi, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Teknik Mesin, Ilmu Hukum, dan Pendidikan Bahasa Bali, dan 15 (lima belas) program studi/jurusan D-3 dengan tambahan 3 (tiga) program studi  dalam satu periode Renstra yaitu D-3 Desain Komunikasi Visual, Perpustakaan, dan Pemetaan Wilayah.

BADAN PERTIMBANGAN DAN PENGAWASAN

Senat FBS merupakan badan pertimbangan dan pengawasan di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni yang bertugas melakukan pemberian pertimbangan dan pengawasan terhadap Dekan dalam pelaksanaan akademik di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni

PIMPINAN

Pimpinan terdiri atas Dekan dan tiga Wakil Dekan. Dekan mempunyai tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan administrasi FBS serta membina tenaga kependidikan, mahasiswa, dan tenaga administrasi. Dekan bertanggung jawab kepada rektor dan dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari dekan dibantu tiga Wakil Dekan (WD), yaitu:

  1. Wakil Dekan I membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kerjasama, sistem informasi, dan perencanaan;
  2. Wakil Dekan II bertugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan bidang administrasi umum, keuangan, kepegawaian, dan sarana dan prasarana; dan
  3. Wakil Dekan III bertugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan bidang kemahasiswaan dan alumni.

PELAKSANA AKADEMIK

Pelaksana akademik terdiri atas jurusan dan kelompok jabatan fungsional dosen. Jurusan bertugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu yang relevan dengan jurusan. Kelompok Jabatan Funsional Tenaga Pendidik (Dosen) merupakan kelompok pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bertanggung jawab kepada Dekan melalui Ketua Jurusan. Tenaga pengajar bertugas melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmunya, serta memberi bimbingan kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran.

TENAGA KEPENDIDIKAN

Tenaga kependidikan di FBS terdiri dari 3 SUB bagian yang membidangi :>

  1. Urusan umum dan keuangan
  2. Urusan akademik
  3. Urusan kemahasiswaan dan Alumni

PENUNJANG AKADEMIK

Penunjang akademik FBS terdiri atas LAB Bahasa, Studio, Ruang Pameran, Ruang Microteaching, Perpustakaan, dan Panggung Pementasan

 

Dekan FBS UNDIKSHA

Drs.I Gede Nurjaya,M.Pd

196503201990031002


Pejabat Jurusan

Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

Ketua Jurusan

Dr. I Wayan Artika,S.Pd,M.Hum


Sekretaris Jurusan

Dr. I Ketut Paramarta, S.S., M.Hum.


Jurusan Bahasa Asing

Ketua Jurusan

Dr. Ni Putu Era Marsakawati, S.Pd., M.Pd.


Sekretaris Jurusan

A.A. Gede Yudha Paramartha, S.Pd., M.Pd.


Jurusan Seni dan Desain

Ketua Jurusan

Dr. Drs. I Ketut Supir, M.Hum.


Sekretaris Jurusan

Dra. Luh Suartini, M.Pd.


Kepala Lab Fakultas

Made Hery Santosa, Ph.D


Pejabat Program Studi

Koorprodi Pendidikan Bahasa Inggris

Dr. I G A Lokita Purnamika Utami, S.Pd., M.Pd.


Koorprodi Pendidikan Bahasa Bali

Ida Bagus Rai, S.S., M.Pd.


Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Dr. Ni Made Rai Wisudariani, S.Pd., M.Pd.


Koorprodi Pendidikan Bahasa Jepang

Dr. Kadek Eva Krishna Adnyani, S.S., M.Si.


 

Koorprodi Pendidikan Seni Rupa

I Nyoman Rediasa, S.Sn, M,.Si.


Koorprodi Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional (D4)

Made Aryawan Adijaya, S.Pd., M.Pd.


Koorprodi DIII Desain Komunikasi Visual

Ni Nyoman Sri Witari, S.Sn., M.Ds.


Identitas Diri

Nama lengkapDrs. I Gede Nurjaya, M.Pd
Pangkat, golongan ruangPembina, IV/a
AgamaHindu
Jabatan terakhirDekan/Lektor Kepala

Riwayat Pendidikan

Tahun LulusNama PendidikanJurusanSTTB/IjazahTempat
SDSD. No. 2 Kapal1977Kapal, Badung – Bali
SLTPSMP Swastika, Kapal1981Kapal, Badung – Bali
SMASekolah Pendidikan Guru Negeri DenpasarIPA1984Badung – Bali
S1Universitas UdayanaPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia1989Denpasar – Bali
S2IKIP BandungPengajaran Bahasa Indonesia1995Bandung – Jawa Barat

Riwayat Jabatan

NoNama JabatanMulai dan sampai denganNomor dan Tanggal SK Penetapan JabatanCapaian Prestasi
1Sekretaris Pusat Layanan Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah (IKIP Negeri Singaraja)2002 - 2003--
2Sekretaris Badan Kerjasama dan Kemitraan (IKIP Negeri Singaraja)2004 - 2005--
3Sekretaris Pusat Kajian Bahasa (IKIP Negeri Singaraja)2004 - 2006--
4Instruktur Guru-guru Bahasa Indonesia tingkat SMP (Diknas Propinsi Bali)2003 - 2004--
5Supervisor Bidang Studi Bahasa Indonesia (SD Lab. IKIP Negeri Singaraja)2004 - sekarang--
6Sekretaris Pusat Penelitian Bahasa (Undiksha)2007 - 2008--
7Sekretaris Lembaga Perencana dan Pengembangan (LPP, Undiksha)2008 - 2011--
8Sekretaris Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) LPPM Undiksha2012 – 2015 594/UN48/KP/2012
Tanggal 2 Juli 2012
9Ketua Program PPG Undiksha2016 – sekarang434/UN48/KP/2016
Tanggal 1 Maret 2016
10Sekretaris Pusat Layanan Kuliah Kerja Nyata Undiksha2017 - 20172622/UN48/KP/2017
Tanggal 3 Januari 2017
11Wakil Dekan II FBS2019 - 20232587/UN48/KP/2019
Tanggal 1 November 2019
12Ketua Program Tim Verifikasi Program Bantuan Uang Kuliah Tuinggal (UKT) Mahasiswa FBS Undiksha2020 – 2020 1569/UN48.7/KM/2020
Tanggal 15 Juli 2020
13Staff Ahli Rektor Undiksha2022 - 20231573/UN48/PT/2022
Tanggal 1 April 2022
14Dekan FBS2023 - sekarang2392/UN48/KP/2023
Tanggal 1 Agustus 2023

Pengalaman Dalam Konferensi dan Forum Internasional

NoNama Konferensi/Forum, Tempat, Dan TanggalPeranNegaraCatatan (Judul Makalah)
1The 5th International Conference on Law, Social Sciences and Education (ICLSSE), Hotel Sunari Buleleng, tanggal 1 Juni 2023PesertaIndonesiaMulticultural Education and Religious Moderation Education: Strategies For Harmony Education in Schools

Penelitian, Karya Inovatif dan Lainnya

  1. Peningkatan Mutu Pengajaran Teori Sastra Melalui Pemberian Pengalaman Membaca Karya Sastra Siswa Kelas I SMU Laboratorium STKIP Singaraja (Anggota Peneliti, 2000)
  2. Penggunaan Kasus Kontroversial untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Menengah Umum (Ketua Peneliti, 2001)
  3. Penggunaan Strategi Diskusi Pola Jigsaw dengan Media Potongan-potongan Cerita untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Menulis  Narasi di Kelas I SLTP Negeri Singaraja (Ketua Peneliti, 2003)
  4. Sikap dan Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Bali : Studi Kasus pada Murid Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Singaraja  (Ketua Peneliti, 2004)
  5. Evaluasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan SMP (Dekonsentrasi) Propinsi Bali (Anggota Peneliti, 2004)
  6. Struktur Fonotaktik Akronim : Menuju Kaidah Pembentukan Akronim Yang Mudah Dilafalkan (Ketua Peneliti, 2005)
  1. Penyusunan Kamus Bahasa Bali – Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah (tahap I) (Ketua Peneliti, 2006)
  2. Penyusunan Kamus Bahasa Bali – Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah (tahap II) (Ketua Peneliti, 2007)
  3. Tesis, Antitesis, dan Sintesis Eksistensi Kembar Buncing pada Novel Incest (Anggota Peneliti, 2007)
  4. Seksualitas Ronggeng Dukuh Paruk: Analisis Kritik Sastra Feminis pada Trilogi Cerita Karya Ahmad Tahori (Ketua Peneliti, 2008)
  1. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pidato pada Mahasiswa Semester 3 Jurusan PBSI (Dipa Lembaga – Undiksha, 2016)
  2. Pengembangan Materi Pembelajaran Mata Kuliah Aplikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial (Hibah Strategis Nasional, 2016)
  3. Eksplorasi Spesies Tumbuhan In-Situ sebagai Prepagule Revegetasi dan Penunjang Pengembangan Pariwisata Di Dusun Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem (Penelitian Penugasan, 2017)
  4. Penggunaan Model Experiential Learning dalam Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Mahasiswa Jurusan PBSI (Dipa Lembaga, Undiksha, 2017)
  5. Pengembangan Buku Ajar Aplikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berorientasi Pendidikan Karakter Bangsa (Penelitian Hibah Kompetensi, 2017)
  6. Pemetaan Dan Analisis Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha Menunju Pusat Penelitian Unggul Di Era Industri 4.0 (Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional, 2018)
  7. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Morfologi Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning (Penelitian Dosen Pemula Desentralisasi, 2018)
  8. Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Buleleng (Dipa Lembaga, 2019)
  9. Pengembangan Bahan Bacaan Jenjang Membaca Dini Berbasis Tri Hita Karana Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar/Mi (Penelitian Pengembangan, 2020)
  10. Permasalahan Masyarakat Masa Pandemi Covid-19 Dalam Respons Estetis Kesusastraan Indonesia Mutakhir Di Media Sosial (Penelitian Dasar, 2021)
  11. Identifikasi Kemampuan Dosen Undiksha dalam Melaksanakan Pembelajaran MPK Bahasa Indonesia secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Dasar, 2021)
  12. Pembelajaran Sastra Bergenre Drama Tingkat Smp Di Kota Singaraja Pada Masa Pandemi Covid-19 (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), 2022)
  13. Kekerasan Simbolik Bacaan Sastra Online Siswa Sma Pada Masa Pandemi Covid-19 (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), 2022)
  14. Antara Desa Kalianget Dan Teluk Trima: Kajian Pariwisata Sastra Tragedi Cinta Jayaprana- Layonsari (Dipa Lembaga, Penelitian Dasar, 2023)
  15. Pemanfaatan Vlog Untuk Memproduksi Genre Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Smas Laboratorium Undiksha (Dipa Lembaga, Penelitian Dasar, 2023)
  16. Digitalisasi Pembelajaran Deradikalisasi Berbasis Tri Kaya Parisudha Dengan Rekonstruksi Budaya Menyama Braya di Bali Pada Mahasiswa Prodi PPG (Kelompok Riset, 2024)
  17. Karakteristik Cerpen Remaja (Generasi Z) Sekolah Menengah Pertama Di Bali (Penelitian Dasar, Dipa Lembaga, 2024)
  18. Pemanfaatan Sastra Digital dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Buleleng (Penelitian Dasar, Dipa Lembaga, 2024)
  19. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Mpk Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi di Bali (Kelompok Riset Dasar, Dipa Lembaga, 2024)

Identitas Diri

Nama lengkapDr. Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi, S.Pd., M.Pd
Pangkat, golongan ruangPembina, IVa
AgamaHindu
Jabatan terakhirWakil Dekan Bidang Akademik/Lektor Kepala

Riwayat Pendidikan

Tahun LulusNama PendidikanJurusanSTTB/IjazahTempat
TKTK Dharma Wanita Kintamani-1987Kintamani-Bali
SDSD Negeri 8 Kawan1993Bangli– Bali
SMPSMP Negeri 1 Bangli1996Bangli– Bali
SMASMA Negeri 1 BangliIPA1999Bangli– Bali
S1IKIP Negeri SingarajaPendidikan Bahasa Inggris2003Singaraja – Bali
S2Universitas Negeri MalangPendidikan Bahasa Inggris2010Malang-Jawa Timur
S3Universitas Negeri MalangPendidikan Bahasa Inggris2018Bandung Malang-Jawa Timur

Riwayat Jabatan

NoNama JabatanMulai dan sampai denganNomor dan Tanggal SK Penetapan JabatanCapaian Prestasi
1Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris2007-2008Penyusunan berbagai SOP akademik
2Ketua Jurusan Bahasa Asing2019-2023SK No. 2785/UN48/KP/2019-          Mendampingi Prodi Pendidikan Bahasa Inggis memperoleh Akredirasi A BANPT
-          Bertambahnya jumlah implementasi kerjasama nasional dan internasional di Jurusan Bahasa Asing.
-          Bertambahnya jumlah dosen dengan setifikat kompetensi.
-          Menghantarkan HMJ Bahasa Asing untuk memperoleh hibah PPK Ormawa
-          Menghantarkan mahasiswa program studi Diploma 3 Bahasa Inggris sebagai mawapres mewakili Undiksha ke Tingkat wilayah
-          Menghantarkan 3 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris lolos program Fast Track MCUT Taiwan
3Wakil Dekan Bidang Akademik FBS2023-2027SK No. 2436/UN48/KP/2023-          Terlengkapinya Fulfillment akreditasi internasional AQAS Program Studi Pendidikan Bahasa Bali.
-          Bertambahnya jumlah implementasi Kerjasama nasional dan internasional di Tingkat fakultas.
-          Bertambahnya jumlah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang lolos tahap akhir seleksi program Fast Track MCUT Taiwan
-          Tersubmitnya borang akreditasi Program Studi DKV setelah Pantau 3

Tanda Jasa/Penghargaan/Prestasi yang Menonjol

NoNama Bintang/ Satyalancana/Penghargaan/ PrestasiTahun PerolehanKeterangan (Nama Negara/Instansi Yang Memberi, …Dsb)
1Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Program Sarjana 2000-2003Rektor IKIP Negeri Singaraja
2Lulusan Berprestasi dalam Rangka Wisuda Keenam IKIP Negeri Singaraja2003Rektor IKIP Negeri Singaraja
3Penerima Beasiswa Pendidikan dari program hibah IMHERE Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha untuk Program Pascasarjana (S2)2008-2010World Bank
4Penerima beasiswa BPPDN Program Pasca Sarjana (S3)2014-1018Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
5Penerima beasiswa Sandwich-like Program di Windesheim of Applied Linguistics University Belanda2017Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
6Asesor Akreditasi Internasional ATQA2021ASTEN (Association of Southeast Asian Teacher Education Network)
7Asesor Beban Kinerja Dosen2021Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
8Satyalancana Karya Satya X Tahun2023Indonesia, Presiden RI.

Pengalaman Dalam Konferensi dan Forum Internasional

NoNama Konferensi/Forum, Tempat, Dan TanggalPeranNegaraCatatan (Judul Makalah)
1PELTIN OCPD for Nusantara (24 Februari 2024)PanelisIndonesiaTeacher Professional Development: Learning from Children’s Voice
2The 1st PELTI Conference themed Revolutionizing TEYL Practices in Indonesia (1 Juli 2023) PemakalahIndonesiaSelf-Assessment for Young Learners: How Useful Is It As Their Assessment As Learning?
3Akreditasi Internasional ATQA untuk Program Studi Pendidikan Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia (29-31 Mei 2023)AsesorAsia TenggaraAsesor internasional pada Program Studi Pendidikan Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia
4The 2nd International Conference on Languages and Arts Across Cultures (28-29 September 2022)PemakalahIndonesiaSelf-Assessment Checklist for Assessing Young Learners
517th Annual CamTESOL (5-7 Februari 2021)PemakalahKambojaEFL’s Teachers Authentic Assessment Practice During World-Breakout of Covid-19
616th Annual CamTESOL Conference (7-9 Februari 2020)PemakalahKambojaTeacher Assessment Literacy among Junior High School English Teacher in Indonesia
716th Annual CamTESOL Conference (7-9 Februari 2020)PemakalahKambojaTeacher Assessment Literacy among Junior High School English Teacher in Indonesia
8Senadimas ke-4 (27 September 2019)PemakalahIndonesiaPenjabaran Indikator Pembelajaran Berbasis HOTS berdasarkan Kurikulum 2013
9ICIRAD (20 September 2019)PemakalahIndonesiaThe Accuracy of EFL Students’ Self-Assessment on Their Writing Performance
10The 12th Malaysia International Conference on English Language Teaching (MICELT) 2018 (5-6 Oktober 2018)PemakalahMalaysia Using Self-Assessment for Teaching Writing to Young Learners

Penelitian, Karya Inovatif dan Lainnya

           

  1. Perbandingan Literasi Asesmen Daring antara Guru dan Calon Guru Bahasa Inggris (DIPA Undiksha–2024)
  1. Persepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap Penerapan Asesmen Diri dalam Pembelajaran Menulis (DIPA Undiksha–2024)
  2. Pengukuran Literasi Asesmen Daring Calon Guru Bahasa Inggris (DIPA Undiksha-2024)
  3. Pengukuran Literasi Penilaian Daring Guru Bahasa Inggris di Bali (DIPA Undiksha-2023)
  4. Persepsi Guru Sekolah Menengah Pertama terhadap Asesmen Diri dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris (DIPA-Undiksha 2023)
  5. Persepsi Calon Guru dan Ide Implementasi Informal Digital Learning of English untuk Mendukung Pengajaran Kemampuan Berbicara di Kelas Formal (DIPA-Undiksha 2023)
  6. Instrumen Penilaian Literasi Asesmen Guru Bahasa Inggris (Hak Cipta No. EC00202383755, 2023)
  7. Parent’s Involvement in Children’s English Literacy Skills (Jurnal The Art of Teaching English as a Foreign Language, 2023)
  8. Teacher’s Perception of Self-Assessment in English Writing Competency for Junior High School Students (Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 2023)

Identitas Diri

Nama LengkapDr. I Putu Mas Dewantara, S.Pd., M.Pd.
Pangkat, Golongan RuangPenata Tingkat I, IIId
AgamaHindu
Jabatan TerakhirWakil Dekan II FBS/Lektor Kepala

Riwayat Pendidikan

JenjangNama PendidikanJurusanSTTB/IjazahTempat
SDSD Negeri 2 Yehkuning-1999Yehkuning, Jembrana, Bali
SMPSMPN 5 Negera-2002Airkuning, Jembrana, Bali
SMASMAN 1 NegaraIPA2005Negara, Jembrana, Bali
S1Universitas Pendidikan GaneshaPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia2009Singaraja, Buleleng, Bali
S2Universitas Pendidikan GaneshaPendidikan Bahasa2012Singaraja, Buleleng, Bali
S3Universitas Pendidikan GaneshaPendidikan Bahasa2019Singaraja, Buleleng, Bali

Riwayat Jabatan

NoNama JabatanMulai dan sampai denganNomor dan Tanggal SK Penetapan JabatanCapaian Prestasi
1Sekretaris Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL)Januari – Desember 201833/UN48/DK/2018-
2Sekretaris Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL)Januari – Desember 2019280/UN48/PG/2019-
3Sekretaris Pusat Program Pengalaman Lapangan (PPL)Januari – Desember 202015/UN48/PG/2020-
4Sekrtaris Program Studi Pendidikan Bahasa (S2/S3) Pascasarjana Undiksha2020 - 20231559/UN48/PT/2020Terakreditasi Internasional untuk program studi Pendidikan Bahasa S2 dan S3
Terakreditasi Unggul untuk Program Studi Pendidikan Bahasa S3 yang sebelumnya terakreditasi B.
5Sekretaris Pusat Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP)Januari – Desember 20217/UN48/PG/2021-
6Sekretaris Pusat Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP)Januari – Desember 20221551/UN48/PG/2022-
7Ketua Pusat Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP)Januari – Desember 2023823/UN48/PG/2023-
8Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum FBS2023 – 2027 2436/UN48/KP/2023-
9Ketua Pusat Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP)Januari – Desember 202442/UN48/PG/2024-

Tanda Jasa/Penghargaan/Prestasi yang Menonjol

NoNama Bintang/ Satyalancana/Penghargaan/ PrestasiTahun PerolehanKeterangan (Nama Negara/Instansi Yang Memberi, …Dsb)
1Duta Kampus Merdeka Kemendikbudristek (SK Nomor 81/E/KPT/2021) 2021Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
2Duta Kampus Merdeka Kemendikbudristek (SK Nomor 106/E/KPT/2022) 2022Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Pengalaman Dalam Konferensi dan Forum Internasional

NoNama Konferensi/Forum, Tempat, Dan TanggalPeranNegaraCatatan (Judul Makalah)
1Global Conference on Teaching, Assessment, and Learning in Education (GC-TALE), 28-29 Agustus 2017PemakalahIndonesiaText Attributed with Language Attitude in Indonesian Language Instruction as The Efforts to Knit Nationalism in a Frame of Diversity
2The 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020) 11-12 November 2020PemakalahIndonesiaHow Integrated is the 2013 Primary School Curriculum?
3The 3rd International Conferenceon Vocational Education and Technology, 7 November 2020PemakalahIndonesiaThe principles of blended learning design with heutagogy approach thourgh e-ganesha moodle in indonesian language learning
4The 4th International Conference on Law, SocialPemakalahIndonesiaStrategy Analysis of
Sciences, and Education, ICLSSE 2022, 28Making High School and
October 2022, Singaraja, Bali, IndonesiaJunior High School in
Realizing Pancasila
Student Profiles in Buleleng District
5Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022)PemakalahIndonesiaFlexible Learning Containing Language Attitude
6Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022)PemakalahIndonesiaIntegrating Research in Practice Teaching Program Efforts to Prepare Agile Graduates Through FBS Teaching

Penelitian, Karya Inovatif dan Lainnya

  1. Keefektifan Budaya Literasi di SD N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Menulis Siswa (Anggota, Desentralisasi, 2017)
  2. Pengembangan Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia Berorientasi Sikap Bahasa di Universitas Pendidikan Ganesha (Ketua, Desentralisasi, 2017)
  3. Pengembangan Bahan Ajar dengan Metode Mind Mapping Berorientasi Literasi Sastra Dan Pendidikan Karakter untuk Peningkatkan Pemahaman Sejarah Sastra (Anggota, Desentralisasi, 2018)
  4. Pengembangan Model Literasi Informasi pada Matakuliah Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Ganesha (Ketua, Kompetitif Nasional, 2018)
  5. Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Preventif Konflik Sosial (Ketua, DIPA, 2018)
  6. Sastra Digital: Relasi Manusia, Sastra, dan Teknologi (Anggota, DIPA, 2019)
  7. Prototipe Keintegrasian Muatan Pelajaran Dalam Kurikulum Sekolah Dasar 2013 (Anggota, DIPA, 2020)
  8. Prinsip Desain Blended Learning Berpendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Ketua, DIPA, 2020)
  9. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Buleleng (Anggota, Kelompok Riset Lembaga, DIPA, 2021)
  10. Pembelajaran Jarak Jauh dan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Dua Sekolah Dasar di Rural Area Kecamatan Jembrana (Anggota, DIPA, 2021)
  11. Prototipe Desain Didaktis Pembelajaran daring Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Heutagogi (Ketua, DIPA, 2021)
  12. Flexible Learning Bermuatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK di Masa Pandemi Covid-19 (Ketua, DIPA, 2021)
  13. Jenis Kalimat Santun dalam Komunikasi Pembelajaran Sebagai Wujud Harmoni Sosial Pawongan dalam Mengimplementasikan THK (Anggota, DIPA, 2021)
  14. Muatan Sikap Bahasa dan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran MPK Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi di Bali (Ketua, Kelompok Riset, 2022)
  15. Analisis Strategi SMA dan SMP Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Kabupaten Buleleng (Anggota, DIPA, 2022)
  16. Phygital Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi (Ketua, DIPA, 2023)
  17. Sastra Cyber dalam Pembelajarann Sastra Indonesia Tingkat SMA di Bali (Anggota, DIPA, 2023)
  18. Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra: Ide dan Pengalaman Implementasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah (ISBN 978-623-462-0 88-7, Global Aksara Pers 2022)
  19. Flexible Learning & Pendidikan Karakter: Refleksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 (ISBN 978-623-462-0 36-8, Global Aksara Pers 2022)
  20. ICT Dan Pendekatan Heutagogi Dalam Pembelajaran Abad Ke-21 (ISBN 978-623-02-33 65-4, Deepublihs 2021)
  21. Seharusnya (ISBN 978-623-96424 -7-1, Wawasan Ilmu 2021)
  22. Bahasa Indonesia Berorientasi Sikap Bahasa (ISBN 978-602-6428- 75-2, Undiksha Press, 2019)
  23. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (ISBN 9786024251758, Raja Grafindo Persada, 2017)
  24. Bahasa Indonesia Keilmuan (ISBN 978-602-1213- 73-5, Undiksha Press 2015)
  25.  

Identitas Diri

Nama lengkapDr. Drs. I Nyoman Sila, M.Hum.
Pangkat, golongan ruangPembina Utama Muda, IV c
AgamaHindu
Jabatan terakhirWakil Dekan III/Lektor Kepala

Riwayat Pendidikan

Tahun LulusNama PendidikanJurusanSTTB/IjazahTempat
SDSD Negeri 1 Buruan1975Buruan – Bali
SLTPSMP Blahbatuh1979Blahbatuh – Bali
SMASekolah Menengah Seni Rupa Seni Kriya1983Denpasar – Bali
S1Institut Seni Indonesia Kriya1988Yogyakarta - DIY
S2Universitas Gadjah Mada Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa2004Yogyakarta – DIY
S3Universitas UdayanaKajian Budaya2017Denpasar – Bali
ProfesiUniversitas Pendidikan GaneshaPendidikan Seni Rupa2010Singaraja

Riwayat Jabatan

NoNama JabatanMulai dan sampai denganNomor dan Tanggal SK Penetapan JabatanCapaian Prestasi
1Ketua Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UndikshaTahun 2007 – 2012
2Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UndikshaTahun 2019 – 2023SK Rektor Undiksha No.2588./UN48/KP//2019 Tanggal 14 Oktober 2019Prestasi Mahasiswa FBS Juara Umum 1 Tingkat Universitas pada Dies Natalis ke- 27 Undiksha
3Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UndikshaTahun 2023 – 2027SK Rektor Undiksha No. 2436/UN48/KP/2023 Tanggal 7 Agustus 2023Prestasi Mahasiswa FBS Ranking 2 Tingkat Universitas pada Dies Natalis ke-31 Undiksha

Tanda Jasa/Penghargaan/Prestasi yang Menonjol

NoNama Bintang/ Satyalancana/Penghargaan/ PrestasiTahun PerolehanKeterangan (Nama Negara/Instansi Yang Memberi, …Dsb)
1Mendapat Beasiswa PPA 1985Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dikti
2Mendapat Beasiswa Tunjangan Ikatan Dinas (TID)1986-1988Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dikti
3Lulus Cumlaude2004Indonesia, Universitas Gadjah Mada
4Satyalancana Karya Satya X Tahun2008Indonesia, Presiden RI.

Pengalaman Dalam Konferensi dan Forum Internasional

NoNama Konferensi/Forum, Tempat, Dan TanggalPeranNegaraCatatan (Judul Makalah)
1International Seminar Public Policy and Event, Universitas Ngurah Rai-Bali, tanggal 8 April 2017PemakalahIndonesiaCommodification of Uang Kepeng Handicrafts as Cultural Industry in The Globalization Era in Bali
2International Seminar on Languages, Literature, Arts and Education (ISLLAE) Universitas Negeri Jakarta, tanggal 5-6 September 2018PemakalahIndonesiaDecorative Architecture of Pura Dalem Jagaraga, Buleleng as Learning Resource in Ragam Hias Bali Course
3International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), Universitas Negeri Malang, tanggal 11-12 Oktober 2019PemakalahIndonesiaPrasi : Balinese Traditional Artwork and Its Changes in the Globalization Era
4The 1 st International Conference on Languages and Arts Across Cultures (ICLAAC) Faculty Languages of Arts Undiksha, tanggal 5 November 2020PemakalahIndonesiaBicycle Riding Decoration Motif in Buleleng Woven cloth: An Effort to Promote Local Culture as the Characteristics of the Regional Identity
5The 2 nd International Conference on Languages and Arts Across Cultures (ICLAAC) Faculty Languages of Arts Undiksha, tanggal 28-29 September 2022PemakalahIndonesiaAn Aesthetic Studies of Classical Balinese Prasi Art

Penelitian, Karya Inovatif dan Lainnya

  1. Kajian Estetika Posmodern Seni Kriya di Tegallalang Gianyar Bali (Penelitian Hibah Doktor/DRPM Dikti – 2016)
  2. PPPE -  Kerajinan Wood – Handycraft di Desa Petandakan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali Tahun ke- 3 (didanai oleh DRPM Dikti – 2020)
  1. PPPE - Kerajinan Wood – Handycraft di Desa Petandakan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali Tahun ke- 2 (didanai oleh DRPM Dikti – 2019)
  2. PPPE - Kerajinan Wood – Handycraft di Desa Petandakan Kabupaten Buleleng Provinsi Bali Tahun ke- 1 (didanai oleh DRPM Dikti – 2018)
  3. Uang Kepeng Cina: Media Seni Rupa Tradisional Bali (Penelitian Fundamental/Simlitabmas Dikti Tahun 2011).
parallax background

Berita

parallax background

Berita

DAFTAR INVENTARIS BARANG

Nama GedungLihat
Gedung A Lantai 2
R. DEKAN Lihat
R. Sekertaris DEKAN Lihat
R. WAKIL DEKAN I Lihat
R. WAKIL DEKAN II Lihat
R. WAKIL DEKAN III Lihat
Humas Lihat
R.Kab. Umum Lihat
R. Tata Usaha Administrasi Lihat
R. Jurusan Bahasa Indonesia dan Daerah Lihat
R.Korprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Lihat
R. Korprodi Pendidikan Bahasa Bali Lihat
R. Korprodi Pendidikan Bahasa Inggris Lihat
R. Korprodi Pendidikan Bahasa Jepang Lihat
R. Korprodi Bahasa Inggris Untuk Bisnis dan Profesional Lihat
R. Jurusan Bahasa Asing Lihat
R. Jurusan Seni dan Desain Lihat
R. Korprodi Pendidikan Seni Rupa Lihat
R. Korprodi Desain Komunikasi Visual Lihat
R. Gugus Jaminan Mutu Lihat
R. Rapat Dekan Rapat Gayotra Lihat
R. Gudang ATK Persediaan Lihat
R. Laktasi Menyusui Lihat
Gedung A Lantai 3
R. Seminar Jayaprana Lihat
R. Seminar Layonsari Lihat
R. Desain Komunikasi Visual 2 Lihat
R. Desain Komunikasi Visual 1 Lihat
R. Dosen Pendi. Seni Rupa 2 Lihat
R. Dosen Pendi. Seni Rupa 1 Lihat
R. Dosen Bahasa Ingris 2 (D4) Lihat
R. Dosen Bahasa Ingris 1 (D4) Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Jepang 2 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Jepang 1 Lihat
R. Dosen Pendidikan Bahasa Bali 1 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Indonesia 4 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Indonesia 3 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Indonesia 2 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Indonesia 1 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 9 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 8 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 7 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 6 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 5 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 4 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 3 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 2 Lihat
R. Dosen Pend. Bhs. Inggris 1 Lihat
Gedung B Lantai 1
R. Kuliah B.01.01 Lihat
R. Kuliah B.01.02 Lihat
R. Kuliah B.01.03 Lihat
R. Kuliah B.01.04 Lihat
R. Kuliah B.01.05 Lihat
R. Kuliah B.01.06 Lihat
R. Kuliah B.01.07 Lihat
R. Kuliah B.01.08 Lihat
Gedung B Lantai 2
R. Kuliah B.02.01 Lihat
R. Kuliah B.02.02 Lihat
R. Kuliah B.02.03 Lihat
R. Kuliah B.02.04 Lihat
R. Kuliah B.02.05 Lihat
R. Kuliah B.02.06 Lihat
R. Kuliah B.02.07 Lihat
R. Kuliah B.02.08 Lihat
Gedung B Lantai 3
R. Kuliah B.03.01 Lihat
R. Kuliah B.03.02 Lihat
R. Kuliah B.03.03 Lihat
R. Kuliah B.03.04 Lihat
R. Kuliah B.03.05 Lihat
R. Kuliah B.03.06 Lihat
R. Kuliah B.03.07 Lihat
R. Kuliah B.03.08 Lihat
R. Ka Lab Lihat
Gedung C Lantai 2
R. Kuliah C.02.01 Lihat
R. Kuliah C.02.02 Lihat
R. Kuliah C.02.03 Lihat
R. Kuliah C.02.04 Lihat
Gedung C Lantai 2
R. Kuliah C.03.01 Lihat
R. Kuliah C.03.02 Lihat
R. Kuliah C.03.03 Lihat
R. Kuliah C.03.04 Lihat
Gedung D Lantai 1
R.Togog Lihat
R.Nyoman Cokot Lihat
R.Tembikar Lihat
R.Bulan Pejeng Lihat
R.Grafis Lihat
Gedung D Lantai 2
Ruang Kelas DKV Lihat
Galery Lihat
Nitisasra Lihat
Gedung D Lantai 3
Lab Komputer Bahasa Lihat
Laboratorium Bahasa Multimedia Lihat
Lab Komputer (Seni Rupa) Lihat
Perpustakaan FBS Lihat
Laboratorium Micro Teaching Lihat
Laboratorium Micro Teaching 1 Lihat
Laboratorium Micro Teaching 2 Lihat

KERJASAMA

FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

NoTgl.PerjanjianBidang KerjasamaMitra
1Friday, March 22, 2024Pelaksanaan guest LecturePT.Bali Intepreting Group
2Pengembangan Buku Promosi Dewa Wisata TejakulaDESA TEJAKULA, BULELENG
3Pengembangan Buku Promosi Dewa Wisata Tejakula Bahasa InggrisDESA TEJAKULA, BULELENG
4Pengembangan Video Promosi Dewa Wisata TejakulaDESA TEJAKULA, BULELENG
5Wednesday, January 10, 2024PROGRAM MAGANG MAHASISWA D4 BAHASA INGGRIS UNTUK KOMUNIKASI BISNIS DAN PROFESSIONALBRITS RESORT HOTEL
6Monday, January 08, 2024PROGRAM MAGANG MAHASISWA D4 BAHASA INGGRIS UNTUK KOMUNIKASI BISNIS DAN PROFESSIONALOne Step Solution ( OSS ) Bali
7Wednesday, October 18, 2023Implementation Of research ProgramsFaculty Of Research University Of Moncton
8Wednesday, October 18, 2023Seminar and WorkshopUniversity Of Moncton
9Wednesday, February 07, 2024Implementasion Of Tri Dharma Perguruan Tinggi(Three Pillars Of Higher Education Comprising Education, Research and Community Service), And Human Resources DevelompmentHainan Nanguo Tropical Rainforest Tourism Development Co.Ltd
10Monday, April 19, 20211.Exchange of undegraduate and graduate studentsUbon Ratchathani University, Kingdom of Thailand
2. Exchange of academic and administrative staff
3. Academic collaboration (degree/non-degree programs and collaborative staff development programs)
4. Exchange of academic information and materials of mutual interest
5. Organization of joint research and conference program

parallax background

Sarana dan Prasarana

Layanan PPID Fakultas

Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh Informasi Publik dari pihak Fakultas Bahasa dan Seni secara tertulis atau tidak tertulis, silakan manfaatkan tautan berikut.

Peralatan PerkuliahanPeralatan KantorBahan Pustaka dan Sarana LainnyaPeralatan Laboratorium
Kursi KuliahPC All In OneRak-Rak PenyimpanAC. 2PK
LCD ProjectorLaptopLemari PenyimpanPC All In One / PC
White BoardMeja Partisi StaffLemari Besi/MetalMeja Komputer
ACKursi KerjaRak BesiPapan Tulis
Jam DindingACLemari KatalogKursi
LampuWhite BoardCCTV - Camera Control Television SystemLCD Projektor
TVPapan Pengumumanprinter HP Color Leserjet
LampuMeja Kerja KayuLemari Besi
Jam DindingMeja RapatMeja Dosen
PrinterKursi Besi/MetalKursi Putar
SennerMeja KomputerAlat Tulis
Kursi Panjang AntrianTelevisiLemari
Alat Pengukur panas TubuhCamera DigitalLampu TL40W
CCTV - Camera ControlMesin Barcode
Meja RapatAlat Komunikasi Telephone
Television SystemLainnya
P.C Unit
Printer (Peralatan Personal Komputer)
Air Conditioning (AC)
Buku Lainnya
Lukisan Kanvas
Ruang Kuliah Ruang PerkantoranPerpustakaanLaboratoriumTamanFasilitas ibadah, Kesehatan, Olahraga , Seni dan Fasilitas Lainnya
Ruang KuliahRuang DekanRuang PerpustakaanLab. Komputer Seni RupaTaman TengahMusholla
Ruang KuliahRuang Wakil Dekan ILab. Bahasa danMultimediaTaman SelatanRuang Olah Raga
Ruang KuliahRuang Wakil Dekan IILab. Micro TeachingTaman BaratRuang Gugus Jaminan Mutu
Ruang KuliahRuang Wakil Dekan IIILab. FotografiTaman TimurGaleri Paduraksa
Ruang KuliahRuang KABAG TULab. PatungTaman UtaraRuang seminar Nitisastra
Ruang KuliahRuang Tata UsahaRuang Seminar Jayaprana
Ruang KuliahRuang Jurursan Bhasa, Sastra Indonesia dan DaerahRuang Menyusui
Ruang KuliahRuang Jurusan Bahasa AsingReading corner/mini library
Ruang KuliahRuang Jurusan Seni dan DesainCommon room
Ruang KuliahRuang Kaprodi Pendidikan Bahasa BaliNursery room
Ruang KuliahRuang Kaprodi Pendidikan Bahasa IndonesiaKantin kering/basah
Ruang KuliahRuang Kaprodi pendidikan Bahasa InggrisMading / PapanInformasi
Ruang KuliahRuang Kaprodi Pendidikan Bahasa jepangToilet
Ruang KuliahRuang Kaprodi D-III Bahasa InggrisAkses difable
Ruang KuliahRuang Kaprodi Pendidikan Seni RupaInformasi gedung
Ruang KuliahRuang Kaprodi D-III Desain Komunikasi Visual
Ruang KuliahRuang Dosen Pendidikan Bahasa Bali
Ruang KuliahRuang Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia
Ruang KuliahRuang Dosen pendidikan Bahasa Inggris
Ruang KuliahRuang Dosen Pendidikan Bahasa jepang
Ruang KuliahRuang Dosen D-III Bahasa Inggris
Ruang KuliahRuang Dosen Pendidikan Seni Rupa
Ruang KuliahRuang Dosen D-III Desain Komunikasi Visual
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah
Ruang Kuliah

DAFTAR PENELITIAN

FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

DAFTAR PENGABDIAN

FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA