Kompetisi Nasional, Mahasiswa Undiksha Boyong Tiga Piala

Singaraja- Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali menorehkan prestasi di ajang nasional. Mahasiswa tersebut adalah Ni Putu Ayu Pirdayanti. Ia berhasil memboyong piala dari tiga ajang berbeda. Raihan ini disampaikan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., Rabu (19/5/2021).

Dikonfirmasi usai pertemuan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini menjelaskan dirinya mengikuti lomba National Story Telling Competition yang digelar oleh Kejar Mimpi Palembang pada Maret 2021. Di ajang yang diikuti puluhan peserta ini, ia berhasil menyabet juara III. “Kompetisi ini mengangkat tema cerita rakyat dari daerah masing-masing. Saya menampilkan cerita calonarang,” tuturnya.

Kompetisi berikutnya juga National Story Telling Competition dalam kegiatan English Fair yang diselenggarakan oleh English Student Association STKIP PGRI Trenggalek pada April 2021. Ia berhasil meraih juara harapan III dalam persaingan dengan puluhan peserta kategori mahasiswa. “Untuk kedua lomba ini, peserta mengirimkan karya, kemudian diberikan penilaian dan lanjut pengumuman,” kata mahasiswa yang sudah gemar story telling sejak SMP ini. Prestasi ketiga diraih dari lomba Dharma Wacana Agama Hindu Nasional serangkaian kegiatan Kajian Bersama Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Institut Pertanian Bogor pada Mei 2021. Ia berhasil menyabet juara III.

Untuk mendapat prestasi itu, ia harus melakukan persiapan dengan matang, terlebih dalam penguasaan materi. “Persiapan lebih dari satu minggu,” terangnya. Keikutsertaan mahasiswa semester VIII ini dalam kompetisi bukan tanpa alasan. Ia ingin mendapatkan pengalaman, sebagai media mengasah skill maupun mengevaluasi kompetensi diri. “Dari lomba ini saya bisa mendapat pengalaman, bisa belajar dari orang lain,” imbuhnya.

Wakil Rektor Prof. Suastra memberikan apresiasi terhadap prestasi ini. “Ini sebuah kebanggaan, karena di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa Undiksha tetap semangat untuk berprestasi,” katanya. Disampaikan lebih lanjut, prestasi ini tidak hanya penting untuk meningkatkan daya saing mahasiswa, tetapi juga universitas, baik tingkat nasional maupun internasional. “Klasterisasi perguruan tinggi tidak bisa dilepaskan dari prestasi mahasiswa. Tentu capaian ini kami apresiasi,” ucapnya.

Undiksha sangat fokus terhadap peningkatan prestasi mahasiswa. Keikutsertaan dalam kompetisi dilakukan seleksi secara ketat. Hal ini diharapkan selalu didukung oleh seluruh civitas akademika. “Pembinaan dan pendampingan terus dimaksimalkan. Itu upaya Undiksha untuk terus meningkatkan prestasi,” tegasnya. (hms)