Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Menyelenggarakan Kuliah Umum oleh Konsulat Jendral Jepang

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah mencanangkan internasionalisasi. Mendukung itu, Sumber Daya Manusia (SDM) didorong untuk bisa menguasai bahasa asing. Minimal Bahasa Inggris. Hal tersebut disampaikan Wakiil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Wayan Suarnajaya, M.A.,Ph.D.,saat membuka kuliah umum serangkaian Bunkasai ke-XII yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha, Sabtu (24/11/2018).

Saat ini, Undiksha telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri, baik dalam bidang pendidikan maupun riset. Ini tak hanya cukup didukung dengan kemampuan berpikir. “Kalau dosen tidak mempunyai kemampuan Bahasa Inggris, tidak akan bisa menerima mahasiswa asing. Bagaimana mengajar mereka kalau menggunakan bahasa indonesia, apalagi Bahasa Bali,” ungkapnya.

Terhadap mahasiswa juga ditekankan hal demikian. Sebab perguruan tinggi yang telah memiliki Fakultas Kedokteran ini  menggulirkan program PPL dan PKL di luar negeri. “Ini juga harus memiliki modal Bahasa Inggris. Untuk program ini, awalnya lolos banyak dari jurusan Bahasa Inggris. Tetapi sekarang sudah banyak dari jurusan yang lain. Untuk mahasiswa jurusan Bahasa Jepang juga harus menguasai Bahasa Inggris,” terangnya. (hms)