Workshop Kepemimpinan Harmoni Berlandaskan Filosofi Tri Hita Karana Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha

WORKSHOP PENGUATAN FILOSOFI TRI HITA KARANA DALAM MENUNJANG KINERJA TENAGA PENDIDIKAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN 2020

Singaraja, FBS – Fakultas Bahasa dan Seni melaksanakan kegiatan workshop di daerah Bali Barat tepatnya di Pura Menjangan yang berlangsung selama 2 hari (28-29/10/2020). Pura Menjangan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan workshop dengan dasar pemikiran yakni Pura Menjangan saat ini popular sebagai salah satu tempat spiritual di Bali sehingga ideal atau cocok untuk pencerahan filosofi Tri Hita Karana.

Kegiatan workshop yang diikuti oleh seluruh pimpinan dekanat dan tenaga kependidikan di FBS Undiksha yang berjumlah 28 orang ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman filosofi Tri Hita Karana serta meningkatkan kemampuan pegawai Fakultas Bahasa dan Seni dalam mengimplimentasi filosofi Tri Hita Karana dalam menunjang kinerjanya. Kegiatan workshop ini juga diikuti dengan kegiatan persembahyangan dan dilaksanakan pembersihan bersama di kawasan Pura Menjangan. Sebanyak 7 buah bak sampah juga disumbangkan di Pura Menjangan lewat pihak pemangku dan pangempon pura.

Workshop ini mengundang Bapak Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. sebagai narasumber. Beliau memaparkan materi dengan lugas dengan penuh pencerahan. “Siapa yang sombong, siapa yang tidak membutuhkan orang lain, siapa yang tidak bisa mendengarkan masukan orang lain adalah tiga kegagalan dalam hidup” pungkas Pak Rektor.

Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini dapat meningkatkan mutu SDM tenaga kependidikan Fakultas Bahasa dan Seni serta lebih mendalami pemahaman filosofi dan pemahaman implementasi Tri Hita Karana di kalangan Pegawai Undiksha dan Pegawai FBS khususnya yang masih rendah. (fbs)