Pendidikan Bahasa Bali

Visi :

Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang kependidikan bahasa, sastra dan budaya Bali berlandaskan Tri Hita Karana.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Bali untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat mengaplikasikan dalam kerangka kehidupan keluarga, masyarakat, dan bernegara.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian dibidang bahasa, sastra, dan budaya Bali untuk pengembangan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Bali dan memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk penyelesaian permasalahan kehidupan keluarga, masyarakat, dan Negara.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Bali yang bersrada bhakti, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, memiliki kompetensi akademik, dan memegang teguh etika profesi.
  2. Melaksanakan pengajaran, dan penelitian dalam bidang bahasa Bali, kemudian melakukan diseminasi hasil-hasil pengajaran dan penelitian demi kepentingan pengembangan dunia pendidikan dan masyarakat.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian dibidang bahasa, sastra, dan budaya Bali untuk pengembangan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Bali dan memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk penyelesaian permasalahan kehidupan keluarga, masyarakat, dan Negara.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Bahasa Bali
  2. Pendidik, Fasilitator, dan Instruktur yang mendidik dengan penguasaan bahasa, Sastra, dan Budaya Bali dan penguasaan pedagogik yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan tuntutan jaman.
  3. Peneliti Bahasa Bali
  4. Mampu menemukan permasalahan, mendeskripsikan dan menafsirkan hasil penemuan yang ada dalam bahasa, sastra, dan budaya Bali, dan melakukan publikasi dalam berbagai forum ilmiah.
  5. Tenaga ahli Penulis bahasa Bali
  6. Penulis lontar, fiksi/non-fiksi, bahan ajar, dan berita bahasa Bali. Dalam usaha yang lain menjadi penulis bahasaBali menggunakan program Bali Simbar. Menghasilkan karya tulis yang bersumber pada pengetahuan bahasa, sastra, dan budaya Bali.
  7. Tenaga ahli Penerjemah dan alih aksara Bahasa Bali
  8. Sebagai penerjemah naskah berbahasa Jawa Kuno ke dalam bahasa Bali, bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  9. Tenaga Ahli Penyuluh dan Pewara Bahasa Bali
  10. Memiliki kemampuan/keterampilan berkarya menjadi penyuluh, dan Pewara berbahasa Bali.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendidikan Bahasa Bali