DPR RI: Bunda Tutik Jadi Narasumber di Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha

“Persiapkanlah hari ini untuk keinginan esok karena yang membuat kalian terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidup Kalian.” Ini adalah ungkapan motivasi dari anggota Komisi XI DPR RI, Tutik Kusuma Wardhana yang akrab disapa Bunda Tutik kepada para mahasiswa peserta seminar di Jurusan Pendidikan Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, Jumat (28/9/2018) di kampus setempat.

Jumat Tutik Kusuma Wardhani, SE, MM, M.Kes, diundang menjadi narasumber dalam seminar pelatihan kepemimpinan bertajuk “RAISE UP YOUR LEADERSHIP”.

Materi yang dibawa Bunda Tutik tentang kepemimpinan. Sebagai anggota dewan, srikandi Demokrat ini mengupas seputar kepemimpinannya di legislatif. “Kalian di zaman now, harus aktif terus, kalian jangan menyia-nyiakan waktu kalian, memanfaatkan waktu kalian untuk hal-hal yang produktif,” tandas Bunda Tutik.

Kemudian Bunda Tutik menjabarkan fungsi dan tugas DPR yakni pertama fungsi legislasi. “DPR bersama-sama dengan pemerntah atau eksekutif menyusun dan membuat UU,” papar mantan Ketua Komisi II DPRD Bali ini.

Kedua, sebut dia, budgeting. “DPRD bersama pemerintah bersama-sama membahas anggaran,” urainya seraya menambahkan, “Fungsi DPR yang ketiga adalah fungsi controlling. DPR melakukan pengawasan terhadap segala pembangunan yang dilakukan pemerintah.”

Ia menambahkan bahwa fungsi dan tugas DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sama yakni legislasi (membuat UU, Perda), budgeting dan controlling.

Seminar yang diikuti sekitar 250 orang juga dihadiri Prof. Dr. Wayan Wijana, M.si didampingi dosen-dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pada kesempatan itu Bunda Tutik juga membagikan 250 buku 4 Pilar Kebangsaan kepada seluruh peserta seminar. (frs) Sumber (Balieditor)